Apa Manfaatnya Untuk Masyarakat?


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai mengaktifkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (slik online) sejak 1 Januari 2018. Layanan ini merupakan transisi dari Layanan Sistem Informasi Debitur (SID) yang sebelumnya dioperasikan oleh Bank Indonesia (BI) atau lebih dikenal dengan Inspeksi BI. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara detail apa itu SLIK OJK dan apa saja kelebihannya.

SID atau biasa disebut BI Checking merupakan sistem yang memuat informasi debitur dan kredit yang akan ditukar dengan lembaga keuangan lain. SID berisi identitas debitur, pemilik dan pengurus, struktur penarikan dana / pinjaman yang diterima, penjaminan, penjamin dan batas waktu.

SLIK OJK merupakan sistem yang dikelola dan menjadi tanggung jawab Dewan Jasa Keuangan (OJK) dengan tujuan melaksanakan tugas pengawasan dan layanan informasi keuangan seperti penyediaan layanan informasi debitur.

Sistem SLIK OJK dapat diakses oleh seluruh bank dan lembaga keuangan non bank yang wajib melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID). Dengan adanya SLIK OJK diharapkan dapat mengurangi jumlah kredit macet, karena bank dan lembaga keuangan non bank dapat membaca riwayat calon debitur pinjaman melalui SID pada sistem SLIK OJK.

Sistem SLIK OJK juga menghubungkan OJK, BI dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hingga ketiga institusi dapat saling bertukar informasi yang diperlukan. SLIK OJK berguna untuk mendapatkan informasi kepada debitur tentang sejarah pinjaman yang telah dilakukan selama ini. Masyarakat juga dapat meminta data debitur secara langsung melalui SLIK OJK dengan mendatangi kantor OJK yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Informasi yang terdapat dalam SLIK OJK digunakan sebagai bahan yang harus diperhatikan oleh bank dan lembaga keuangan non bank lainnya untuk memberikan dana pinjaman kepada debitur. Apabila riwayat debitur yang terdapat dalam SLIK OJK termasuk dalam kategori kupon, maka bank akan menyetujui pengajuan pinjaman yang diajukan oleh debitur tersebut. Demikian pula, jika riwayat peminjam negatif, bank dan lembaga non-bank lainnya secara otomatis akan menolak pengajuan pinjaman peminjam.

Bagi Anda yang ingin mengetahui status informasi debitur yang ada di sistem SLIK OJK, segera ke kantor OJK terdekat untuk meminta laporan informasi debitur (SID). Dalam laporan tersebut, Anda dapat melihat sendiri bagaimana riwayat pinjaman Anda dan Anda juga dapat melihat status peringkat yang diberikan (baik atau buruk). Untuk informasi tentang cara meminta informasi pembayar atau data audit BI, baca langkah-langkah dalam artikel ini (Cara Mudah Mengaudit BI melalui SLIK OJK).

SLIK OJK memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui riwayat reputasi pinjamannya selama ini. Sehingga masyarakat bebas menerima pinjaman dari bank dan lembaga keuangan lainnya jika reputasi atau valuasi yang terkandung dalam Panitia SLIK termasuk dalam kategori Baik atau Lancar.

Jika sebelumnya Pemeriksaan BI dilakukan secara online melalui website Bank Indonesia, dengan SLIK OJK maka akan lebih mudah dan efektif bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan BI di kantor OJK terdekat.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *