6 Teknik Dasar Permain Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Permainan sepak bola merupakan favorite bagi banyak orang, terutama bagi kaum lelaki. Tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa pun terkadang masih melakukannya. Olahraga ini juga sering diperlombakan di berbagai olimpiade atau kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional. Menurut iosappers.com setiap jenis olahraga pastinya memiliki teknik dasar yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Nah, agar kalian bisa bermain sepak bola secara baik dan maksimal, kalian seharusnya mengetahui dan menguasai teknik-teknik dasar yang digunakan saat pertandingan. Untuk lebih detailnya, kalian bisa simak di bawah ini.

  1. Teknik Menendang Bola (Kicking)

Teknik menendang bola merupakan teknik yang paling utama harus dimiliki oleh setiap pemain sepak bola karena ini merupakan faktor penting agar bisa mengumpan dan menembak kea rah gawang lawan. Ketika menendang bola pastinya terkena oleh bagian kaki yang berbeda. Nah, untuk berdasarkan perkenaan kaki pada bola yang akan ditendang, ada tiga teknik yaitu (1) menendang dengan kaki bagian dalam yang digunakan untuk mengumpan jarak pendek, (2) menendang dengan kaki bagian punggung yang digunakan untuk mengumpan jarak pendek, serta (3) menendang dengan kaki bagian luar yang digunakan untuk shooting ke gawang lawan.

  1. Teknik Menghentikan Bola (Stopping)

Bukan hanya sekedar menendang bola, di dalam permainan sepak bola juga harus bisa mengontrol bola dengan cara menahan atau menghentikannya. Hal ini bertujuan untuk mngatur tempo permainan, memudahkan passing dengan pemain lain, serta mengalihkan laju permainan.

  1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik ini pada dasarnya pemain menendang bola sambil berlari secara pelan kea rah tertentu. Dengan kata lain, posisi bola masih tetap pada pemain yang sama namun berpindah tempat secara perlahan. Tujuannya adalah untuk mendekati jarak kepada sasaran, melewati lawan, serta menghambat waktu permainan.

  1. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik ini digunakan oleh pemain dengan cara mendorong bola menggunakan kepala ketika bola berada di udara dengan tujuan untuk mendorong bola ke arah pemain yang diinginkan.

  1. Teknik Mengoper Bola (Passing)

Dikarenakan bermain sepak bola tidak secara perorangan, melainkan secara kelompok maka kerja sama tim sangat dibutuhkan. Teknik ini digunakan untuk mengoper atau memberi bola ke pemain lain, bisa dengan cara passing pendek, panjang (trough pass), ataupun jauh (umpan lambung).

  1. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Jika bola berada di kaki lawan, pastinya kamu harus merebutnya agar bola bisa menjadi milik kamu. Caranya adalah menggunakan teknik ini agar tim kalian bisa bertahan dari serangan lawan. Namun hati-hatilah saat merebutnya, sebab jika salah gerakan kamu akan terkena kartu pelanggaran dari wasit.

Nah, itu tadi keenam teknik dasar yang harus kalian tahu saat bermain sepak bola. Hal ini dikarenakan bisa berpengaruh terhadap hasil akhir yang kamu nantikan, baik menang atau kalah setidaknya kalian dengan tim sudah melakukan teknik dasar yang benar.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *