Ragam corak batik khas Jawa Barat

Batik adalah kain batik yang dibuat khusus untuk media melukis atau menulis. Kata batik sendiri berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa jawa, yaitu “amba” yang artinya “tulis” dan “tunjukkan”. Berikut aneka corak batik Jawa Barat. Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa indonesia yang sudah ada sejak lama khususnya di jawa. Batik Jawa mempunyai motif atau corak yang berbeda dan biasanya disesuaikan dengan keadaan, lingkungan dan budaya.

Batik biasanya memuat gambar-gambar yang memiliki makna nenek moyang yang meliputi animisme, dinamisme dan agama. Jenis batik ini biasa disebut berdasarkan asal daerahnya, seperti batik Solo yang banyak diproduksi dan dikembangkan di daerah Solo Jawa Tengah.

Batik Cirebon

Batik Cirebon memiliki pola awan mega atau awan hujan. Motif yang satu ini melambangkan kesuburan dan juga pemberi kehidupan. Batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik Pesisir, tetapi sebagian lagi termasuk dalam kelompok batik keraton.

Batik Cirebon dipengaruhi oleh dua keraton yaitu Istana Kasepuhan dan Istana Kanoman, maka lahirlah motif klasik batik Cirebonan, antara lain: motif awan mega, paksinaga liman, patran keris, patran kangkung, payung singa, singa barong, banjar balong, pangkal ayam. , sawat panganten, katewono, gunung giwur, simbar menjangan, simbar kendo dan sebagainya.

Batik Bogor

Motif batik Bogor umumnya terinspirasi dari warisan pendidikan kerajaan Pakuan, benda bersejarah, fenomena alam dan budaya. Salah satu corak yang paling terkenal ialah kujang rusa yang memuat ikon kota Bogor yaitu Kujang dan Kijang. Kujang merupakan senjata tradisional khas daerah Sunda di Jawa Barat, sedangkan rusa adalah binatang yang terdapat di pelataran istana Bogor.

Selain bilah dan kijang, batik bogor biasanya dihiasi dengan bunga teratai yang melambangkan ikonik kebun raya bogor dan juga hujan yang melambangkan salah satu ciri khas dari kota bogor sebagai kota hujan.

Batik Sumedang

Batik Sumedang memiliki ciri khas antara lain penggambaran mahkota Binokasih Sanghyang Pake, budaya kuda renggong, motif mobil sumbu naga, motif tugu lingga, motif daun baut atau umbi, motif lingga, bunga, hanjuang, tahu klowongan, pintu binokasih siger dan srimangganti. .

Batik Indramayu

Batik Indramayu tidak kalah tenar dengan batik lainnya, batik Indramayu memiliki batik adalan dan identik dengan wilayahnya yaitu batik tulis Complongan. Batik Complongan adalah teknik menusuk kain batik dengan garis jarum, ciri khas dari batik Indramayu adalah corak flora dan fauna yang diekspresikan secara datar, banyak bentuk melengkung dan garis tajam, latar putih, warna gelap dan banyak titik. dibuat untuk. dengan teknik jarum complongan, serta isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Batik Tasikmalaya

Tiga motif batik Tasikmalaya yaitu: Batik Sukapura sekilas mirip batik Madura, batik Sawoan mirip batik Solo. Batik danau dengan warna cerah akibat pengaruh batik pantai. Motif batik Tasikmalaya memiliki khasiat, flora, fauna dan sangat kental dengan nuansa Parahyangan. Penyebabnya antara lain: kicau burung merak, bambu keliling, calaculu, telaga laba-laba, payung sidomukti, orlet rereng, akar, dan lain-lain.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *