Jenis-Jenis Penyakit pada Ayam

Harga ayam broiler hari ini yang cukup menjanjikan dengan masa panen yang relatif cepat membuat banyak peternak tergiur mencoba beternak hewan yang satu ini. Namun keuntungan dan kerugian merupakan dua sisi mata koin. Keuntungan signifikan yang ditawarkan dari beternak ayam broiler ini berbanding lurus dengan kerugian yang sangat mungkin dialami. Salah satu penyebab kerugian terbesar bagi peternak adalah penyakit. Tidak hanya terjadi pada manusia, penyakit-penyakit yang menyerang ayam ini dapat membuat produktifitasnya menurun bahkan kematian. Banyak sekali yang memilih mundur karena persoalan penyakit ini, namun tidak sedikit juga yang tetap bertahan karena mereka sudah mengerti cara mengatasinya. Bagi anda yang masih pemula dan belum tahu tentang penyakit-penyakit pada ayam, berikut kami beri beberapa ulasan.

Yang pertama adalah penyakit tetelo. Penyakit yang disebarkan oleh infeksi virus ini ditularkan melalui ayam ataupun unggas lain. Penyakit ini menyerang saraf pernafasan. Apabila anda menyentuh ayam yang sedang terserang tetelo maka penyakit ini bisa menular melalui sepatu, sandal, dan pakaian yang anda gunakan. Gejala umumnya mata ayam menjadi keruh, leher ayam terlihat melilit, kaki dan sayapnya lemas, serta ada cairan yang keluar melalui hidungnya. Ayam betina yang terkena tetelo tidak akan mengeluarkan telur. Apabila tetelo menjangkiti ayam dewasa maka tingkat kesembuhannya tinggi, namun bila yang terjangkiti masih anak ayam maka kemungkinan besar mereka mati.

Berikutnya adalah penyakit puyuh atau quail disease. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium Colinum yang berbentuk spora. Penyakit ini menyebar melalui media kotoran atau ayam lain yang terinfeksi. Desinfektan tidak mempan terhadap penyakit ini dikarenakan bakterinya sudah kebal. Ayam yang terkena penyakit puyuh ini biasanya bulunya terlihat acak-acakan, diare dengan mengeluarkan cairan putih, tubuh menjadi bungkuk dan lesu. Jika tidak segera diberi obat mereka bisa mati dalam kondisi yang sangat kurus. Bahkan apabila penyakit ini sudah terlanjur akut tanpa kita sempat menyadari, ayam bisa mati mendadak. Biasanya dokter hewan akan memberikan penicilin dan bacitracin sebagai obat.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *