Apa Sih Pengertian Iridosiklitis Akut Itu?

Iridosiklitis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang mata, yang berasal dari munculnya peradangan yang terjadi pada iris mata serta badan siliar. Keadaan yang akan dialami oleh pengidap yaitu mata menjadi membengkak dan juga menjadi berwarna merah. Selain iridosiklitis sebutan untuk masalah ini ialah uveitis anterior. Iridosiklitis sendiri terdapat beberapa jenis yaitu iridosiklitis akut dan iridosiklitis kronis.

Pengertian iridosiklitis akut merupakan penyakit iridosiklitis yang gejalanya muncul secara tiba-tiba dan gejala tersebut akan terjadi paling lama selama 6 mingguan.Sedangkan untuk irisdosiklitis kronis, gejala akan muncul secara terus menerus dengan jangka waktu yang lama, yaitu sekitar 3 bulan. Pada jenis kronis, masalah ini akan terus muncul meski sudah menjalani pengobatan.  Kedua jenis ini bisa menyerang siapa pun tanpa melihat usia maupun gender.

Gejala

Ketika mata mengalami infeksi baik di bagian tengah maupun di bagian depan mata, maka pasien akan mengalami beberapa gejala umum. Di antaranya adalah mata yang memerah dan menjadi berair. Pasien akan merasakan sakit pada mata, yang jika terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan masalah yang lebih serius lagi, dalam tahapan yang selanjutnya maka akan terjadi gangguan untuk sekresi aqueous.

Gejala lainnya, pupil menjadi mengecil serta terjadi perubahan yang lain pada pupil. Ketika memandang sesuatu, pandangan menjadi kabur yang artinya untuk kemampuan penglihatan pasien sudah menurun, hal ini meliputi ketidaknyamanan ketika melihat cahaya yang terang atau fotophobia. 

Berbeda halnya jika yang mengalami masalah adalah bagian belakang mata. Maka gejala yang muncul antara lain terdapat bercak hitam yang mengganggu penglihatan mata atau disebut dengan floaters. Lalu pandangan akan mengabur ketika melihat.

Yang perlu kamu ketahui, ketika seseorang mengalami gejala-gejala seperti yang dituliskan di atas, bukan berarti orang tersebut terkena irisdosiklitis. Agar lebih jelas, kamu bisa menghubungi dokter spesialis mata. Karena ada beberapa masalah pada mata yang lain dengan gejala yang mirip atau bahkan saam.

Penyebab

Setelah mengetahui pengertian iridosiklitis akut dan kronis, akamu juga mesti mengetahui penyebab dari masalah ini. Irisdosiklitis merupakan salah satu penyakit yang bisa menular, dan penularan ini melalui luka yang terbuka atau juga melalui ulkus. Organisme yang berasal dari luar kemudian masuk ke dalam mata. Infeksi ini pun bisa disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun protozoa endogen.

Contoh bakteri yang bisa menjadi penyebab adalah sifilis, TB, dan gonorea.Untuk virus, seperti contohnya virus cacar, campak, serta influenza. Lalu untuk protozoa contohnya toxoplasmosis. Untuk mengelompokkan penyebab untuk irisdosiklitis memang terbilang sulit meski di dalam ilmu kesehatan mata. Dari kasus-kasus yang pernah terjadi, kebanyakan penyebab dari infeksi ini adalah berasal dari alergi. 

Diagnosis

Dari pengertian iridosiklitis akut dan kronis, infeksi ini bisa didiagnosis dengan cara melakukan pemeriksaan menggunakan slit lamp, tujuannya adalah untuk membantu memvisualisasi bagian dari anterior untuk mata. Ada pula cara untuk melakukan visualisasi secara langsung dengan memakai deteksi leukosit. Pemeriksaan tersebut dilakukan pada bagian posterior yang sudah meradang atau masuk ke dalam uveitis tahap menengah.

Pengobatan

Irisdosiklitis baik itu akut atau kronis biasanya diobati dengan memakai terapi obat. Seperti salah satu contohnya atropine, yaitu obat yang akan bekerja dengan memakai tiga metode di antaranya membuat iris serta badan siliar beristirahat, membuat posterior synechiea tercegah untuk terjadi, dan menghancurkan masalah yang sudah terlanjur terbentuk. Masih ada beberapa obat lain yang bisa menjadi pengobatan untuk infeksi ini.

Itulah ulasan mengenai pengertian iridosiklitis akut dan kronis yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *