Manfaat Daun Melinjo bagi Kesehatan

Anda tahu nama Melinjo pasti, bukan? Selain buahnya, ternyata daun melinjo memiliki manfaat yang tak kalah bagus untuk kesehatan Anda. Jadi apa manfaat kesehatan dari daun melinjo? Melinjo adalah nama tanaman yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tidak hanya buah dan kulit buah, daun melinjo juga sering digunakan sebagai bahan untuk memasak dan obat herbal. Penggunaan daun melinjo sebagai obat herbal disebabkan oleh fakta bahwa manfaat daun melinjo tidak kalah dengan bagian lain dari tanaman.

1. Atasi Infeksi bakteri
Manfaat pertama daun melinjo adalah pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Efektivitas daun melinjo dalam menangani infeksi bakteri tidak dapat dipisahkan dari kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiganya memiliki sifat antibakteri menurut penelitian. Flavonoid misalnya. Senyawa fenolik ini memiliki mekanisme aksi melalui dinding sel bakteri dan kemudian merusaknya, di mana protein bahkan mengendap dari sel bakteri. Cara kerja yang sama juga berlaku untuk senyawa lain, yaitu tanin.

2. Hapus radikal bebas
Manfaat selanjutnya dari daun melinjo adalah untuk menangkal serangan radikal bebas. Dalam tes laboratorium yang dilakukan oleh sebuah studi pada tahun 2002, ekstrak melinjo – termasuk daun – menunjukkan reaksi terhadap “keberadaan” radikal bebas. Namun, bukti ini membutuhkan analisis lebih lanjut.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Penelitian lain menunjukkan bahwa daun melinjo (termasuk buahnya) efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa dalam daun melinjo yang mengikuti hasil penelitian ini dapat meningkatkan produksi komponen sistem kekebalan tubuh. Namun, tidak disebutkan bahwa manfaat daun melinjo pada spesimen ini kuat, karena penelitian yang dilakukan masih menggunakan hewan tikus sebagai subjek penelitian. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji kemanjuran daun melinjo untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Perawatan kesehatan tulang
Kandungan mineral magnesium dalam daun melinjo membuat tanaman herba ini efektif dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Magnesium, bersama dengan mineral lain, yaitu kalsium, memainkan peran penting dari proses pembentukan tulang hingga perawatan tulang agar tetap sehat dan kuat.

5. Perawatan kesehatan kulit
Kandungan antioksidan dalam daun melinjo tidak hanya dalam bentuk flavonoid, saponin dan juga tanin. Selain itu, ada juga vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat daun melinjo untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kesehatan, termasuk yang sering dihindari, adalah penuaan dini. Karena kulit bermasalah – termasuk penuaan dini – seringkali merupakan efek kerusakan sel-sel kulit akibat serangan radikal bebas. Bahkan dalam kasus yang lebih serius, sel-sel kulit yang rusak dapat menyebabkan kanker kulit. Belum diketahui secara pasti seberapa efektif vitamin C dalam daun melinjo untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun melinjo secara teratur jika Anda ingin kulit Anda selalu sehat dan awet muda.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *