Memanfaatkan Bahan Alami di Sekitar untuk Membuat Obat Asam Urat Tradisional

Ada banyak cara mengobati asam urat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gejala dan penyakit asam urat. Obat tradisional ini terbuat dari bahan alami. Dengan menggunakan obat tradisional ini Anda bisa mengurangi penggunaan obat-obatan kimia.

Obat Asam Urat Tradisional dari Bahan-Bahan Alami yang Mudah Ditemui

Asam urat merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh sebagian masyarakat. Gejalanya ditandai dengan rasa nyeri di bagian persendian tulang kemudian disertai rasa panas. Jika sudah parah maka bisa terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tersebut.

Kebanyakan penderita lebih memilih menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi penyakit ini. Namun Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan kesehatan satu ini.

  1. Jahe

Bahan pertama yang sudah digunakan sebagai obat asam urat tradisional sejak lama adalah jahe. Jahe ini mengandung zat anti-inflamasi atau zat anti peradangan. Zat anti peradangan ini meredakan gejala berupa rasa sakit dan panas yang timbul karena asam urat. Untuk memanfaatkannya bisa dengan meminum air rebusan jahe secara rutin tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Selain diminum, air rebusan jahe ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengompres bagian tubuh yang merasa sakit akibat asam urat.

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat secara alami, karena bisa mengubah zat asam urat yang berbentuk kristal menjadi cair. Jika sudah cair, maka zat asam urat ini juga lebih mudah dikeluarkan tubuh dari urin. Pisang juga memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang akan membantu mengatasi peradangan akibat asam urat. Cukup konsumsi pisang secara rutin sebanyak 1 hingga 2 buah setiap hari untuk merasakan manfaatnya yang lebih maksimal.

  1. Buah Ceri

Bahan terakhir yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati asam urat adalah buah ceri. Di dalam buah ceri ini terdapat banyak kandungan anti oksidan yang berperan untuk mencegah produksi zat asam urat yang berlebih. Kandungan Anthocyanin di dalam ceri juga memiliki manfaat tinggi untuk meredakan peradangan pada penderita asam urat. Anda bisa memanfaatkan buah ceri untuk obat asam urat ini dengan cara dimakan secara langsung, diolah menjadi jus tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

  1. Seledri

Seledri juga menjadi bahan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi asam urat. Berbagai penelitian sudah membuktikan jika di dalam seledri banyak mengandung zat yang bisa meredakan peradangan. Konsumsi jus seledri, ekstrak seledri ataupun memakan seledri secara langsung secara rutin untuk mengatasi peradangan pada penderita asam urat.

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara total. Jika Anda menderita penyakit ini, Anda tak perlu khawatir karena banyak bahan alami di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk obat asam urat tradisional, seperti bahan-bahan yang disebutkan di atas.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *