Mengenal Struktur, Fungsi dan Sifat dari Membran Sel

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai membran sel yang mengenai struktur, fungsi dan sifatnya. Membran sel sendiri merupakan sebuah fitur yang selalu dimiliki oleh setiap jenis sel berupa lapisan membran plasma. Lapisan ini memisahkan sel dengan lingkungan luarnya yang bertujuan untuk melindungi inti sel. Sistem ini bekerja di dalam sitoplasma.

Struktur membran sel ini memiliki beberapa komponen  seperti protein, fosfolipid, glikopilid, oligosakarida dan kolestelor. Pada umumnya membran sel memiliki  kepala polar hidrofilik yang memiliki daya ikat gliserofosforilester. Selain itu ada dua rantai hidrofobik yang nantinya akan membentuk ikatan ester.

Membrane sel ini memiliki sifat dinamis dan asimetris

Sifat dinamis yaitu memiliki struktur air sehingga membuat protein dan molekul lipid bisa bergerak. Kalau membrane sel dengan sifat asimetrik ini memiliki komposisi lipid dan protein di bagian luar yang tidak sama dengan di bagian dalamnya.

Sifat membrane sel ini berdasarkan kemampuannya memiliki 3 jenis yaitu :

  1. Permeabel

Kemampuan ini memiliki sifat untuk semua zat untuk melewati membran sel kemudian masuk di dalam sel. Membrane sel ini memiliki sifat permeable ketika sel ini hampir rusak atau sudah tidak bisa bertahan hidup.

  1. Impermeable

Membrane ini memiliki sifat untuk tidak mengizinkan berbagai zat apapun yang ada di luar sel untuk masuk dalam sel.

  1. Semipermeabel

Sebuah keadaan dimana beragam zat bisa masuk kedalam sel untuk memenuhi semua kebutuhan. Sehingga membrane sel normal memiliki sifat semipermeabel.

Fungsi dari membrane sel

  1. Membrane ini menjadi lokasi berlangsungnya reaksi dari berbagai reakasi kimia
  2. Memberikan perlindungan pada bagian sel serta memberi bentuk sebuah sel
  3. Membran ini akan menjadi reseptor untuk rangsangan pada sebuah sel
  4. Bertugas sebagai penyeleksi pada berbagai zat yag akan masuk atau keluar dari sel
  5. Sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan berbagai lingkungan di dalam atau luar sel

Demikianlah penjelasan mengenai struktur, fungsi dan sifat dari membran sel. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ilmu biologi.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *