Rumus Dan Hukum Kirchoff

Bagi kita yang pernah menggeluti sains, terutama yang saat SMA masuk ke jurusan saintek pasti pernah mendengar tentang hukum Kircoff. Hukum Kirchoff merupakan hukum yang membahas tentang kelistrikan. Sebagai salah satu hukum ilmiah membuat hukum Kircoff memiliki rumus untuk menghitungnya. Terdapat 2 hukum Kirchoff yang pastinya memiliki 2 rumus. Berikut kami akan mengulasnya.

Rumus Dan Hukum Kirchoff 1

Hukum Kirchoff 1 dikenal pula dengan dengan hukum percabangan. Hukum ini memenuhi diperlukan untuk suatu rangkaian yang multisimpal dimana rangkaian terseut memiliki titik – titik percabangan ketika arus terbagi. Hukum Kirchoff 1 menyatakan bahwa “Jumlah arus listrik masuk melalui titik percabangan dalam rangkaian listrik sama dengan jumlah arus keluar dari titik percabangan tersebut” . secara umum rumus hukum 1 Kirchoff dituliskan dengan ∑I masuk = ∑I keluar.

Telah kita ketahui bahwa arus listrik mengalir seperti air yang mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah. Begitupun arus listrik yang mengalir dari potensial tinggi yang kita sebut kutub positif ke potensial rendah yang diseut kutub negatif.

Dalam alirannya tersebut arus listrik melalui suatu percabangan tertentu. Arus listrik terbagi pada setiap percabangan dan besarnya bergantung pada besarnya nilai hambatan pada cabang tersebut. Apabila hambatan pada cabang tersebut besar maka akan berakibat pada arus listrik yang melalui cabang tersebut mengecil, begitupula sebaliknya.

Rumus Dan Hukum Kirchoff 2

Hukum Kirchoff 2 berbunyi “pada tiap rangkaian tertutup, jumlah beda potensialnya harus sama dengan nol”. Yang dimaksud jumlah penurunan potensial sama dengan nol adalah tidak ada energi listrik yang hilang dalam rangkaian listrik yang dimaksud. Atau dalam pengertian semua energi dapat digunakan secara 100%.

hukum Kirchoff 2 juga disebut sebagai hukum simpal, karena hukum tersebut menyatakan bahwa beda potensial di antara dua titik percabangan dalam suatu rangkaian pada kondisi tunak adalah konstan. Penerapan hukum Kirchoff 2 digunakan pada suatu rangkaian tertutup pada sistem kelistrikan rumah kita.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *