Mengetahui Amalan di Hari Jumat Dalam Islam Bagi Wanita Muslimah

Meskipun pada dasarnya semua hari itu baik, akan tetapi khususnya untuk hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling spesial dan istimewa bagi umat muslim. Jumat sendiri dapat diartikan sebagai persahabatan atau persatuan. Jika orang Yahudi atau Nashrani memiliki hari Sabtu sebagai hari persatuannya, begitu pun dengan orang Islam dengan hari Jumat sebagai hari persatuan.

Dalam Islam, pasti ada banyak sekali amalan – amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Nah, salah satu keutamaan hari Jumat khususnya bagi seorang wanita muslimah apabila ia benar – benar melaksanakan ibadah tersbeut dengan baik dan benar. Kami lansir dari laman IslamExplored.org berikut ini ada beberapa amalan di hari Jumat dalam Islam bagi wanita muslimah yang penting sekali untuk Anda tahu. Apa saja?

Mengetahui Amalan di Hari Jumat Dalam Islam Bagi Wanita Muslimah

Sebaik – baiknya hari adalah hari Jumat

Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa sebaik – baiknya hari adalah hari Jumat. Yang demikian ini juga dikaitkan dengan hari Jumat yang memiliki artian sebagai hari persatuan atau pun persahabatan. Pasti saja kita sebagai umat muslim yang baik bisa paham dan mengerti bahwasannya kebaikan merupakan ketika umat Islam bisa berkumpul bersama dan bersatu di dalam sebuah masjid.

Perintah melaksanakan sholat Jumat untuk muslim

Pada dasarnya perintah untuk melaksanakan sholat Jumat ini adalah dilakukan bagi laki – laki, tetapi demikian wanita muslimah ternyata juga diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Jumat meskipun tidak wajib. Namun demikian, dikarenakan masjid – masjid seluruhnya akan dipenuhi oleh kaum laki – laki, sehingga para muslimah bisa melaksanakan amalan di hari Jumat ini dengan cara lain, misalnya saja mendengarkan khutbah, berdoa, atau membaca A-Quran.

Diijabah doa – doa

Ini merupakan salah satu keutamaan di hari Jumat yang juga harus Anda tahu. Tetapi demikian ada pula pendapat yang berbeda – beda tentang hal tersebut. Namun Allah SWT sendiri ternyata tidak membatasi dan tidak memberikan informasi secara detail apa doa yang diijabah atau pun tidak. Meksipun bukan di hari Jumat, setiap insan yang ada di dunia ini tentu saja masih bisa melaksanakan doa dan meminta apapun kepada Allah SWT.

Keutamaan bersedekah

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa Jumat adalah hari yang paling istimewa sekali dibandingkan dengan hari – hari biasanya. Jika seseorang bersedekah di hari Jumat, maka akan mendapat keutamaan tersendiri meskipun jika Anda bersedekah di hari lain juga akan mendapat pahala dan keutamaan, asalkan semuanya didasari dengan niat serta hati yang benar – benar ikhlas.

Nah, itulah tadi beberapa amalan di hari Jumat dalam Islam bagi wanita muslimah yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *