Cara Budidaya Ikan Arwana di Aquarium

Ikan hias mahal dari Asia Tenggara ini memang menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Tak heran jikalau banyak breeder hingga orang awam berbondong-bondong untuk membudidayakan ikan arwana ini di media kolam besar atau aquarium sekalipun.

Umumnya cara budidaya ikan arwana di aquarium memang membutuhkan modal yang lebih sedikit dari pada menggunakan kolam besar. Untuk mensukseskan usaha ini alangkah lebih baiknya perhatikan tahapan budidaya ikan arwana di aquarium dibawah ini dengan seksama.

Langkah Budidaya Ikan Arwana di Aquarium

  1. Mempersiapkan Media

Selain 5 buah aquarium berukuran besar, Anda juga harus mempersiapkan segala peralatan untuk menunjang tumbuh kembangnya sebagai langkah permulaan. Seperti alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air serta lampu.

  1. Menentukan Jenis Ikan

Mengingat ikan arwana memiliki variasi yang banyak, maka pilihlah jenis ikan arwana yang hendak Anda budidayakan. Pastikan pilihan Anda jatuh pada jenis ikan yang paling diminati khalayak umum dengan pangsa pasar yang bagus.

  1. Mempersiapkan indukan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka pilihlah indukan berkualitas yang sudah mencapai usia 4 tahun atau lebih. Sebelum berkembang biak berikanlah asupan makanan yang bergizi berupa udang secara berkala.

  1. Proses Pengembangbiakan

Perhatikan dengan seksama indukan yang telah Anda pilih untuk melakukan proses pengembangbiakan. Pada tahapan ini ikan arwana jantan seakaan-akan memakan seluruh telur yang dikeluarkan oleh betina, namun seperti itulah cara ikan jantan membuahi telurnya.

  1. Pembesaran Benih

Ketika panjang tubuhnya mencapai 1cm berilah pakan cacing pita secara berkala hingga panjang tubuhnya mencapai 12cm. Baru kemudian pisahkan antara indukan dengan benihnya guna mengantisipasi kanibalisme yang dilakukan oleh indukan.

  1. Panen Ikan Arwana

Ciri ikan arwana yang siap memasuki masa panen adalah ketika usianya sudah sesuai dengan standar yang ditentukan dan diimbangi dengan tampilan fisik yang nampak begitu bagus dan indah.

Bagaimana mudah sekali bukan tahapan budidaya ikan arwana di aquarium tersebut diatas? Tentu sebelum membudidayakan diperlukan suatu wadah dan alat-alatnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menemukan tempat jual aquarium arwana lengkap beserta alat yang dibutuhkan dalam budidaya.

Demikianlah penjelasan menarik seputar tata cara budidaya ikan arwana di aquarium yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *